Intip Cara Cepat Belajar untuk Ujian Matematika

By: Alef Indonesia 17 Nov 2021

Apakah ada di antara kamu yang akan menghadapi ujian matematika dalam waktu dekat ini? Sudah sejauh mana persiapan yang kamu lakuin? Atau jangan-jangan kamu malah bingung harus belajar matematika kayak apa supaya dapet nilai bagus? Wah, jangan sampai kamu belajar dengan cara yang salah ya, teman-teman.

Belajar untuk ujian matematika akan lebih efektif kalau kita tau apa aja persiapan yang harus diperhatikan. Nah, untuk itu kami akan bagi tips gimana sih cara belajar menjelang ujian matematika yang oke. Simak, ya.

  • Mengulang Pelajaran

Tips pertama belajar untuk ujian matematika adalah pengulangan. Belajar matematika yang terbaik adalah dengan mengulang terus menerus materi yang telah kamu pelajari di sekolah ketika sudah berada di rumah. Kamu bisa mengulang dari soal-soal yang kamu dapat dari sekolah atau mungkin dari platform edukasi penunjang yang disediakan oleh pihak sekolah. Pastikan juga kamu belajar mengulang soal-soal yang berbeda jenis supaya kamu lebih terbiasa dengan rumus-rumusnya dan pengaplikasiannya.

  • Memahami Konsep Dasar

Belajar matematika nggak akan bisa masuk ke kepala kalo kita nggak paham dasar dari materi yang sedang kita pelajari. Kamu harus paham betul dengan rumus yang akan kamu pakai sebagai pemecah masalah pada soal-soal yang akan kamu kerjakan. Dengan memahami formulanya, kamu akan lebih paham kenapa harus rumus A untuk soal AA dan nggak bisa digunakan di soal BB. Belajar matematika juga memaksamu buat memaksimalkan cara berpikir rasional ketimbang insting, jadi itulah kenapa kamu harus paham betul tentang dasar masalah yang kamu hadapi di persoalan matematika.

  • Belajar dari Platform Edukasi

Cara cepat belajar untuk ujian matematika berikutnya adalah belajar dari platform edukasi. Apa itu platform edukasi? Itu adalah sarana yang akan membantumu belajar ketika kamu mengalami kesulitan memahami materi matematika yang baru saja diajarkan di sekolah. Platform yang saat ini memiliki fitur untuk ngebantu kamu belajar matematika dengan baik adalah Platform Alef dari Alef Education

Di web aplikasi ini kamu bisa belajar matematika dengan gampang karena ada video-video animasi menarik yang menjelaskan materi matematika dengan bahasa sederhana sehingga kamu bakal lebih gampang paham. Setelah nonton videonya, kamu bakal diajak buat main game tentang materi tadi, baru sesudahnya bakal ada soal beserta pembahasannya. Dijamin deh, materi yang kamu pelajari tadi bakal ngebantu supaya kamu lebih siap buat menghadapi ujian besok!

  • Persiapan Fisik

Belajar terus menerus itu bagus, tapi jangan sampai kamu terlalu memforsir pikiran dan tubuh kamu. Satu tips sukses sebelum ujian adalah istirahat yang cukup. Sehari sebelum ujian, kamu bisa minum teh kamomil sambil belajar matematika di malam hari lalu tepat pukul 9 malam, istirahatkan tubuh kamu dengan tidur yang cukup. Tidur yang cukup akan ngebikin kamu lebih segar saat bangun dan otak kamu bakal lebih siap buat menghadapi ujian hari ini.

  • Saat Ujian

Ketika ujian matematika dimulai, segera tulis semua rumus-rumus yang kamu pelajari di kertas hitung. Trik ini buat menghindarkan kamu lupa rumus saat mengerjakan soal-soal ujian. Setelah itu, kamu lihat keseluruhan soal dan kerjakanlah dari yang menurutmu paling gampang. Memulai dengan mengerjakan soal yang sulit akan membuat kamu terlalu fokus padanya. Ingat, manajemen waktu juga perlu kamu lakukan. Semakin kamu hanya fokus pada satu nomor saja, waktu yang kamu miliki juga semakin berkurang. Jadi, pastikan kamu bisa mengatur waktu dan juga mengerjakan soal dengan baik, ya.

Itulah tips belajar untuk ujian matematika. Meski kelihatannya klasik, ternyata masih banyak banget yang mengabaikan cara-cara belajar matematika seperti ini lho. Oleh karena itu, maksimalkan belajarmu dengan cara yang benar, cari Platform Alef dengan membuka laman idn.alefed.com, ajak gurumu untuk meminta kode akses di alef.co.id atau Alef Success Coach, lalu daftarkan diri, dan berlatih soal.Coba deh kamu mulai dengan latihan PTS yang ada di nomor 116 buat mengukur pemahaman matematika kamu selama ini. Ada banyak soal-soal ujian per bab pelajaran matematika kelas 7 lainnya yang menunggu buat kamu kerjain di Platform Alef.

Bagikan artikel ini

BACA ARTIKEL LAINNYA

Teknologi Pembelajaran pada Implementasi Kurikulum Merdeka

Yuk Kenalkan Soal AKM SMP Numerasi untuk Siswa Kelas 7

Ini Dia Materi Matematika Kelas 7 MTs Sesuai dengan K13

Tips agar Kamu 100% Siap Menghadapi Ujian Matematika